Saturday, June 20, 2009

BACA INI !!! sebelum menjadi suami atau istri

penulis asmaul chusna |



Beberapa waktu yang lalu, melalui percakapan dengan salah seorang sahabat aku belajar hal yang sangat penting. Dia bercerita tentang bagaimana criteria pasangan hidupnya. Sampailah percakapan kami pada betapa pentingnya fungsi istri dalam kehidupan rumah tangga. Fungsi istri tidaklah hanya untuk masak, macak, manak [qeqeqeq..maaf bosone rodok sangar sodara-sodara]. Oleh karena itulah, Rosulullah SAW bersabda kepada ummatnya untuk memilih istri maupun suami berdasarkan agamanya. Karena itulah yang akan menjaga keluarga kita dari api neraka.

Bagi seorang istri, dia harus benar-benar memahami fiqh thaharah dengan baik. Di tangan seorang istrilah, kesucian dari apa-apa yang akan dimakan, dan kesucian barang-barang digunakan keluarganya bergantung. Bagaimana dia menjaga makanan yang dia masak dari najis akan menentukan bagaimana anaknya nanti. Jika makanan yang dimakan keluarganya terjaga kesuciannya, maka keluarganya akan menjadi orang-orang yang sholeh dan mudah diarahkan pada kebaikan, InsyaAllah.

Sebagai contoh, sebelum dia memasak, dia harus memastikan perabotnya dalam keadaan suci dan bersih[ ingat, bersih bukan berarti suci. Kesucian perabot ditentukan pada bagaimana mencucinya!] Dia harus memastikan perabotnya tidak kena najis baik kecil, sedang ataupun berat. Bahkan dia harus memastikan bahan pembuatan perabotnya. Bukan dari emas, perak karena semuanya dilarang untuk digunakan dan menghindari perabot dari tembaga karena malaikat tidak menyukai baunya [lihat fiqh wanita hal 33]. Dia juga harus memastikan bahan masakannya suci dari najis dan memastikan proses memasaknnya tidak terkena najis.

Begitu pula saat mencuci baju, istri yang sholihah harus memastikan baju keluarganya suci ketika digunakan. Terutama baju yang akan digunakan untuk sholat. Jangan sampe mukena atau sarung suaminya tidak suci dalam mencucinya. Bagaimana mau khusyuk sholatnya jika bajunya nggak suci [temenq begitu serius mengatakan ini sampe aq merinding!!!].

Begitupun ketika merawat bayinya. jangan sampe najis dari pipis bayinya menular kemana-mana. Bagaimana dia membersihkan pipis bayinya, baju bayinya, menjaga kesucian tempat tidur bayinya sangatlah pnting. Jangan sampai tangannya yang terkena pipis bayinya dan belum disucikan memegang apa-apa yang suci karena akan mejadi ketularan najis [statemen ini semakin membuatkku merinding…mo jadi istri aja susah banget seh??]
Yah, bisa dikatakan istri adalah eksekutor kesucian atas apa yang ada dirumah, yang tidak diurus oleh suami.. Tapi menjadi suami juga tidak boleh sembarangan. Kehalalan harta yang akan dimakan oleh keluarga dirumah juga menjadi tanggungjawabnya. Harta yang dinafkahkan pada keluarga harus halal, terbebas dari riba, suap-menyuap, tidak didapat dengan cara yang dzalim dan bukan merupakan harta anak yatim. Karena jika harta yang dia nafkahkan bukan harta yang halal dan toyyib maka apa yang masuk ke dalam perut anak dan istrinya juga haram. Jika sudah begitu, apakah masih bisa mengharapkan anak dan istrinya menjadi orang yang sholeh dan sholehah???

Yaa Allah ampunilah kebodohan dan kekhilafan kami. Masukkanlah kami ke dalam golongan hambaMu yang senantisa Engkau tunjuki jalan yang lurus. Amiin….
Sesungguhnya Islam itu adalah agama pertengahan jadi jangan mempersulitnya dan jangan terlampau memudahkan amalannya. ^-^

0 komentar:

My Readers