Tuesday, September 08, 2009

Tips I'tikaf 10 Hari Terakhir Ramadhan

penulis asmaul chusna |


Subhanallah, Ramadhan sudah kita lalui separuhnya. Bagaimana ibadah anda?? Semoga Allah semakin menguatkan kita untuk tetap istiqomah menjaga niat, dan menjaga amal hingga akhir Ramadhan ini, hingga kita jelang kemenangan Ramadhan kita dengan senyum terkembang... Apakah dalam daftar agenda Ramadhan anda tercantum kegiatan i'tikaf?? Jika iya, saya ingin berbagi tips i'tikaf untuk ada. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.. ^.^

Seperti yang kita tahu, i'tikaf bermakna merutinkan (menjaga) sesuatu. Sehingga orang yang mengharuskan dirinya untuk berdiam di masjid dan mengerjakan ibadah di dalamnya. Supaya kita bisa tenang dan nyaman berikut tips dari saya:
pertama, tentukan dimana anda akan beri'tikaf. Jadi anda bisa memperkirakan waktu perjalanannya dan mengetahui fasilitas apa saja yang disiapkan oleh masjid itu.
kedua, pastikan kembali jadwal kegiatan anda yang lain dan pastikan semua orang yang berhubungan dengan kegiatan anda tersebut. Agar sewaktu anda i'tikaf tidak ada kegiatan membatalkan i'tikaf anda. Sayang banget kan kalo baru saja nyampe di masjid, alat komunikasi anda menyampaikan ada pertemuan yang tidak diinginkan.
ketiga, matikan alat komunikasi anda. Khususkan waktu i'tikaf anda hanya untuk Allah... spesial date....
keempat, bawalah bekal-bekal keperluan yang anda butuhkan seperti peralatan mandi, baju ganti dan selimut tipis jika anda ingin menginap dan khawatir dengan cuaca yang tidak bersabahat, alat sholat dan perlengkapan yang menunjang kegiatan i'tikaf anda yang lain.
kelima, bawalah bekal makanan tambahan. Boleh saja sih numpang makan di masjid karena memang biasanya sudah disiapkan oleh pengurus, akan tetapi maksimalkan amal anda dengan memberi makan saudara anda yang berpuasa. Selain itu juga sebagai cadangan apabila kita kehabisan makanan.
keenam, jangan lupa membawa obat-obatan yang biasa anda gunakan.
ketujuh, ajaklah sahabat atau keluarga anda agar anda juga bisa lebih akrab dan dekat dengan mereka.
kedelapan, selalu meluruskan niat dan senantiasa menjaga kesehatan.

Itu saja yang bisa saya bagi dengan anda. Dan semoga kita senantiasa dirahmati dan dijaga Allah untuk senantiasa istiqomah dalam beramal shalih.. Happy nice i'tikaf...

4 komentar:

mbah jiwo said...

kmrn sadar kalau sudah masuk hari 17, berarti hari ini sudah 18. Emank bentar lagi sudah 10 malam terakhir.

Ngga kerasa.

Biasanya saya i'tikaf di rumah BWI. Di masjid tempat saya mengaji dulu. Entah mengapa nuansanya membawa saya menjadi anak kecil lagi. Menjadi anak2 lagi.

Membawa kita menjadi 'biasa' lagi.

eniwei, moga Allah menghapus semua dosaku.

whuland said...

salam kenal... mba

i'tikaf itu dilakukan brp lama?
dalam sehari?
aku biasanya paling lama setengah jam, abis sholat,, aku niat i'tikaf, dzikir, tadarrus.. dll.
dan abis itu melanjutkan pekerjaan. apa itu termasuk i'tikaf mba?

asmaul chusna said...

buat mbak wulan.. cuba buka link ini....

http://www.rumaysho.com/belajar-islam/amalan/2693-hukum-hukum-seputar-itikaf.html

maaf jika blm bisa menjawab pertanyaan dengan baik ^^
kita sama2 belajar ya...

whuland said...

oh.. ia
gpp..
makasih :)
btw. tukeran link yu mba :D

My Readers